Kali ini JawaGames akan memposting tentang pengetahuan didunia teknologi, Yaitu ORACLE. Oke langsung saja disimak gan...

Sebelum mengenal Oracle lebih dalam kita harus tau terlebih dahulu arti dari oracle. 
ORACLE adalah database relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data Relational Data Base Management System yang multi-platform, atau bisa disingkat dengan ORDBMS. 


Basis data Oracle ini pertama kali dibentukl oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.
Saat Oracle Database bekerja, Oracle software mengalokasikan sebuah area shared memory yang disebut dengan SGA (Shared global Area) dan kemudian menjalankan beberapa background proses. Kombinasi dari SGA dan background process ini disebut dengan Oracle Instance. 





Oracle juga mepunyai Struktur Memory yang terdiri dari :



  1. SGA (Shared Global Area)
    Merupakan area memory yang Penyimpanan data dan control information untuk Instance. SGA sendiri dishared oleh server dan background process.
  2. PGA (Program Global Area)
    Merupakan area memory Penyimpanan data dan control information untuk setiap server proses. PGA inilah yang meng-handle server proses. Setiap proses ini memiliki satu PGA dan PGA tersebut bersifat Private.


Didalam Struktur memory diatas mereka masih mempunyai komponen-komponen didalamnya, Mari disimak baik-baik :


  • SGA (Shared Global Area)
  1. Shared Pool merupakan bagian dari SGA yang dipergunakan selama proses parse agar tidak terjadi parsing. Ukuran dari shared pool dapat dispesifikasikan dalam parameter inisialisasi SHARED_POOL_SIZE yang berada pada file parameter
  2. Streams Pool ini digunakan untuk tempat menyimpan data kepentingan replikasi database.
  3. Large Pool Memiliki kapasitas yang besar dan biasa digunakan untuk recovery, backup, restore. Large Pool menyimpan session information ketika oracle dalam mode shared.
  4. Java Pool Memiliki fungsi hampir sama dengan Shared Pool tetapi menyimpan eksekusi yang menggunakan bahasa atau aplikasi Java.
  5. Database Buffer Cache : Menyimpan hasil eksekusi dari Shared Pool. Hasil eksekusi yang disimpan hanya yang bersifat READ ONLY saja.DB Buffer Cache menggunakan LRU (Least Recent Use) sehingga akan menghapus data yang baru masuk apabila sudah full.
  6. Redo Log Buffer : Menyimpan semua eksekusi yang memodifikasi data database. Hasil modifikasi ini akan disimpan dalam redo log buffer saat user melakukan commit. Apabila user belum melakukan commit, perubahan data yang telah dilakukan tidak dapat dilihat atau diakses oleh user yang lain.



  • PGA (Program Global Area)
  1. Sort area Dipergunakan untuk keperluan melakukan pengurutan terhadap baris-baris sebelum diproses dan dikirimkan kembali kepada user
  2. Session information Berisi informasi tentang privilege user yang berada pada session.
  3. Cursor state Untuk mengindikasikan tahapan didalam memproses berbagai cursor yang sedang dipergunakan didalam session. 
  4. Stack space Suatu tempat untuk meletakkan variabel-variabel session.

Sekian Penjelasan dari saya tentang Oracle dan Struktur didalamnya, Semoga Bermanfaat....